Di benua Eropa hanya ada beberapa mobil yang semenarik yang diproduksi oleh Renault. Orang Prancis menikmati banyak kesuksesan, meskipun eksposur buruk yang ditimbulkan oleh peristiwa-peristiwa kacau di mitra Aliansi Nissan dalam beberapa tahun terakhir. 

Renault Megane 2021 Review

Salah satu mobil yang telah terbentuk selama berabad-abad sebagai tulang punggung jajaran Renault, dan yang bersama Clio bertanggung jawab atas sebagian besar penjualan, adalah Megane.

Papan nama diperkenalkan pada tahun 1995 sebagai mobil keluarga kecil, tetapi telah berkembang menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda. Masa pakai mobil dibagi menjadi empat generasi, yang terakhir mengalami siang hari pada 2016.

Pada awal tahun 2020, tiba-tiba dan mungkin didorong oleh kebutuhan untuk menambahkan lebih banyak powertrains ramah lingkungan ke jajarannya - penambahan hibrida plug-in adalah perkembangan terbesar - Renault menunjukkan untuk pertama kalinya versi facelift dari Megane.


Desain & fitur eksterior

Secara visual, Megane 2021 tidak banyak berubah, dan bahkan tidak perlu begitu. Desainnya sangat kontemporer, jadi tidak banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penampilannya sebelum kedatangan generasi kelima. Namun, desainer pembuat mobil sedikit bermain-main dengan versi baru dan mengubah bumper depan, deflektor udara, dan sayap. Mereka melakukannya dengan sangat halus, tetapi tidak terlalu halus hingga membuat perbedaan menjadi tidak mungkin. Perubahan terbesar dalam hal tampilan keseluruhan adalah penambahan lampu depan LED Pure Vision baru. Mereka mengganti lampu halogen yang ada dan menjanjikan visibilitas 30 persen lebih tinggi. Selain itu, tiga warna baru telah ditambahkan ke palet yang tersedia (Solar Copper, Baltic Grey dan Highland Grey). Untuk pertama kalinya di jajaran Megane, akan ada varian RS Line yang akan menggantikan lini GT. 

Desain interior, fitur dan ruang penumpang

Perubahan di interior berpusat di sekitar kokpit yang direvisi dan lebih mutakhir. Hal baru yang paling penting adalah pengenalan dasbor digital, lengkap dengan navigasi satelit. Selain itu, tampilan yang diperbarui diberikan ke konsol tengah dan kontrol dipasang di atasnya. Ada juga opsi jok baru, tersedia dari trim level kedua, dan kontrol penyesuaian daya telah ditambahkan untuk jok pengemudi. Sejauh menyangkut ruang bagasi, ada 434 liter ruang di bagasi, tetapi itu bisa ditingkatkan menjadi 1.247 liter jika bangku belakang dilipat.

Gadgets

Ada tiga versi sistem infotainment Easy Link yang tersedia untuk Megane. Level awal didasarkan pada layar 7 inci, diikuti oleh layar 7 inci yang sedikit lebih kompleks dengan navigasi satelit terintegrasi, dan tablet vertikal 9 inci. Semua layar kompatibel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Melengkapi layar dari sistem infotainment adalah dasbor digital baru yang menggunakan layar 10,2 inci. Renault juga bekerja sedikit pada Easy Link itu sendiri, memberikannya antarmuka baru. Secara terpisah, aplikasi smartphone MY Renault memungkinkan kontrol atas beberapa fitur mobil selain alat bantu seperti lokasi kendaraan, penguncian dan pembukaan kunci jarak jauh, dan aktivasi lampu dan klakson dari jarak jauh.

Performa

Seperti yang mungkin akan dilakukan di generasi mendatang, facelift Megane tetap berbasis ICE. Meski begitu, Prancis untuk pertama kalinya memperkenalkan hibrida plug-in ke jajaran produk tersebut, dengan harapan dapat menurunkan emisi di seluruh armada. Di bagian depan bensin, pembangkit tenaga sebagian besar mengandalkan 1,3 TCe yang hadir dalam tiga konfigurasi tenaga (115, 140, 160 hp). Pada akhir tahun, mesin 1.0 liter dengan 120 hp akan ditambahkan. Diesel masih hadir di keluarga Megane berkat Blue dCi dengan dua output tenaga, 95 dan 115 hp. Bagian atas kisaran Megane RS mulai sekarang akan berbagi mesin yang sama dengan RS Trophy. Itu berarti 1,8 turbo yang mengembangkan 300 hp dan torsi 420 Nm (dengan gearbox EDC). Bintang dari jajaran ini adalah plug-in E-Tech yang baru. Untuk diluncurkan pertama kali di Estate Megane dan kemudian di hatchback, ia memasangkan mesin bensin 1.6 liter 4 silinder dengan baterai 9,8 kWh dan dua motor listrik. Dengan tenaga 160 hp, PHEV dapat melaju dalam mode listrik sepanjang 50 km (31 mil, siklus campuran WLTP), dan pada kecepatan yang dapat mencapai 135 kpj (84 mph).

Keamanan

Terlepas dari sistem keselamatan biasa dan wajib seperti kantung udara dan sabuk pengaman, Megane baru dikemas dengan sistem bantuan pengemudi. Mulai dari pengereman darurat hingga peringatan keberangkatan jalur, dari peringatan titik buta hingga deteksi kantuk pengemudi. Yang baru dalam rangkaian teknologi ADAS adalah jalan raya dan asisten lalu lintas.

Kesimpulan

Di Eropa, yang merupakan pasar utama Megane, mobil ini terus terjual lebih dari 100.000 unit setiap tahun. Secara global, papan nama terjual lebih dari 7 juta unit sejak diperkenalkan, dan mengingat industri ini dikemas dengan hatchback, itu berarti banyak. Versi terbaru dari Megane mulai dijual pada musim panas 2020.